Sabtu, 21 Februari 2009

Selesaikan apa yg telah dimulai

Tidak mudah memang kalo menjalani pilihan yg telah diambil, termasuk menjalani pilihan jurusan kuliah yg telah diambil. Boleh diakui memang jurusan yg kuambil untuk kebanyakan orang emang relatif susah tapi aku coba jalanin sampe akhir.
Awalnya, aku ngerasa salah dalam mengambil pilihan ini, tapi setelah kupikir2 lagi apa salahnya dicoba dulu, siapa tau ini adalah yg terbaik untuk masa depanku. Satu hal lagi yg membuatku terus bertahan untuk tetap kuliah sampe akhir adalah janjiku sendiri di depan almarhum bapak untuk meyelesaikan kuliah sampe akhir, apapun kesulitannya. Aku masih inget betul betapa gembiranya bapak dulu sewaktu beliau masih ada, saat aku keterima kuliah disitu hingga aku ga tega buat ngecewain beliau, dan itulah yg jadi tekadku hingga aku bisa lulus kuliah.
Ngga mudah memang ngejalaninnya, mulai dari jadwal kuliah yg padat di awal dan tengah semester (saking padatnya sampe kondisi fisik sering drop) sampe ngadepin dosen2 yg rata2 super idealis (jgn harap bisa lulus mata kuliah dgn mudah walaupun udah usaha belajar jungkir balik mati2an).Kadang sih ada rasa putus asa tapi itu justru yg menempa mental aku supaya tetep ulet, gigih, pantang menyerah hingga akhir. Kesulitan juga ga sekali dua kali datengnya tapi sering, tapi aku inget sama “janjiku” dan itu yg membuatku terus bertekad buat nyelesain ampe akhir, apalagi aku juga bukan tipe orang yg sukanya setengah2. Kalo uadh telanjur nyemplung, ya udah biar basah sekalian. Dan perjuangan tanpa kenal menyerah ini akhirnya berbuah manis juga, akhirnya aku bisa lulus dan bisa menepati janjiku pada almarhum bapak. Ada rasa puas dan senang tapi sekaligus sedih, senang karena berhasil tapi juga sedih kareana ga bisa membagi kebahagiaan ini dengan almarhum bapak. Tapi aku yakin di “alam sana” bapak pasti juga turut bahagia dengan keberhasilanku ini.
Jadi buat yg masih dalam proses ato yg baru mulai menjalani sesuatu, selesaikanlah sampe akhir, kesulitan itu pasti ada, jgn jadikan halangan tapi pemacu sekaligus semangat buat menyelesaikan sampe akhir.

1 komentar: