Sabtu, 21 Februari 2009

Belajar jujur pada diri sendiri

Pernahkah kita benar2 mencoba introspeksi diri sendiri ketimbang mencari cacat orang laen??Jujur, dulu aku juga seperti itu, lebih suka mengkritik orang laen daripada nyari kekurangan diri sendiri, tapi sekarang sudah berubah. Pernah ada rasa ketidak puasan pada diri waktu nyari cacat orang, harusnya puas ya kalo bisa nyacat orang laen, tapi kok malah ga seneng. Pergolakan batin yg terus menerus serta mungkin pernah denger ceramah Aa Gym tentang introspeksi diri yg bikin aku sadar kalo nyari kekurangan orang laen ga bakalan bisa bikin kita ngerasa lebih baek. Jadilah mulai saat itu jadi insap dan mulai belajar introspeksi diri, menggali kekurangan diri dan berusaha belajar dari kelebihan orang laen. Hasilnya emang positif banget, aku jadi lebih mengenal diri aku, kelemahan aku dan ga malu buat memperbaiki kekurangan diri dan malah bisa lebih getol buat belajar dari kelebihan orang laen. Yg jelas sekarang aku bisa lebih jujur pada diri sendiri dan ngerasa cukup nyaman dengan diri aku yg sekarang baik dari kelemahan maupun kelebihan yg aku miliki.

1 komentar:

  1. Iya, memang qt ga akan pernah nemuin kekurangan qt kalo qt instropeksi diri. Makanya, drpd waktu dibuang2 utk mikirin kelemahan org laen, mending buat mawas diri. Manfaatnya bakal gede banget loh buat qt :-) (Big Bro)

    BalasHapus